~/blogjourneyofrunning
4 min read

My Personal Journey of Running

A journey of self-discovery and personal growth

👋🏿Intro

Sebelumnya perkenalkan saya adalah orang yang cukup mager (Malas Gerak) dan bisa dibilang Introvert didukung dengan orang yang sangat betah di rumah.

Bertemu dengan olahraga yang disebut “Running” atau “Jogging”.Diperkenalkan oleh Tante saya sendiri sekitar pada tahun 2022 yang

Kebetulan beliau sudah cukup lama dalam dunia olahraga ini dan dia juga sudah mengikuti berbagai macam event dengan jarak yang berbeda-beda,mulai dari 5k,10k,21k bahkan 42k.

🎈Pre-beginning

Pada awalnya di ajakin lari itu saya udah keburu capek duluan ngebayangin dan mendengarkan jarak 5km.

Di kepala udah ngomong “Aduh ngapain capek-capek lari,jalan aja malas”.Pada saat ini bisa dibilang saya dalam berolahraga 0% atau tidak pernah sama sekali “ber-olahraga”

Pada saat itu saya lebih tertarik dengan bersepeda,jadi saya mencoba bersepeda dengan kakek saya.Kakek saya ini emang suka bersepeda sampai dia ngerakit sepedanya sendiri.

Setelah mencobanya,ternyata cuma bertahan 2 minggu doang,sudah keburu bosan.

✨️The Beginning

Oke,pada saat itu saya meniatkan diri untuk mencoba olahraga dengan berlari atau jogging.Kebetulan di Kota Bandung ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup banyak dan gratis.

Mencoba pertama kali di Gasibu,bangun pagi jam 6.30 sudah ada di tempat,sampai disana ternyata udah ramai aja jam segitu.

Mencoba lari beberapa putaran,ternyata pada saat itu cuma bisa satu setengah putaran atau sekitar 500m atau 600m saja.

Entah kenapa,saya cukup tertarik pada percobaan pertama ini.Sebulan sempat cukup rutin,dengan target 1 putaran lebih banyak dari lari sebelumnya.

🗝The Transformation

Setelah beberapa bulan,saya cukup konsisten hampir 5k/hari dan tertarik dengan olahraga ini,dengan bangun pagi hampir setiap hari hanya untuk jogging.

Pada saat ini,saya mulai tertarik dengan perintilan-perintilan running,seperti jersey,celana,kaos kaki,kacamata,sepatu,jam tangan dll.

Tapi pada saat itu saya cuma cukup untuk beli jersey,celana,dan sepatu saja.

Kebetulan pada saat saya menulis ini,sepatu yang saya beli itu sudah mencapai 500km jogging

💥The 10k Phase

Karena saya konsisten,Tante saya mengajak untuk mencoba event atau race,karena saya tertarik,jadi saya mau ikut-ikut aja.

Dengan event pertama saya yaitu Borobudur Marathon kategori 10K.

Ternyata tidak hanya konser dan tiket theater JKT aja yang rebutan.Untuk mengikuti event atau race running juga rebutan slot (War Ticket).

Mungkin karena keberuntungan,saya mendapatkan slot pada event Borobudur Marathon kategori 10k itu.Karena semangat dan senang,saya akhirnya latihan lebih intense lagi.

🎊Borobudur Marathon

Ternyata event lari itu semeriah dan serame ini,saya pertama kali cukup kaget ternyata banyak juga orang yang mau bayar mahal dan berlari.

Orang-orang yang ikut event juga ternyata perintilan runningnya tidak main-main,dari sepatu yang keren-keren,jersey,celana bahkan sampai jam tangan yang mahal-mahal.

Pada saat itulah saya mulai mengenal dan menandai beberapa brand yang menurut saya bagus untuk dibeli wkwkwk.

Ternyata start perkategori berbeda-beda,dimulai paling pagi yaitu kategori 42km (Full Marathon) setelah itu 21km (Half Marathon).Untuk 10k dan 5k,beberapa event menyatukan waktu start ada juga yang berbeda.

Tidak cuma di venue aja yang ramai,sepanjangan rute lari juga banyak cheers dari warga-warga bahkan ada yang memberikan cemilan gratis di sepanjang rute.

Pada Borobudur Marathon ini,saya Finish 10k dengan waktu 1 jam 27 menit 09 detik.Bukan PB(Personal Best) karena ada drama kebelet ditengah-tengah jalan hahaha

Setelah berlari juga,ternyata banyak fasilitas yang disediakan seperti ice box untuk berendam kaki,buah buahan dan air mineral gratis.

🥈Target

Setelah mengikuti event race pertama tersebut,saya jadi bersemangat dan memiliki target disetiap event marathon besar yang ada di Indonesia.

Seperti Pocari Run yang akan diadakan di Kota Bandung ini,saya menekatkan diri untuk ikut kategori 21K (Half Marathon).

Dan untuk Borobudur selanjutnya harusnya 42K (Full Marathon),kita lihat saja bagaimana semangat saya kedepannya.

🧠Conclusion

Running has been more than a physical activity for me; it has been a journey of self-discovery and personal growth. It has taught me the importance of determination, discipline, and self-belief. As I continue my journey, I hope to inspire others to take up running and experience the transformation it brings. Remember, it's never too late to start, and every step counts.


Do you feel like supporting my work? 🙂Buymeacoffee button