~/blogfedorbed
2 min read

Jadi Gua Tuh FED?

Beberapa hal yang tidak atau terlewatkan dan baru akhir-akhir ini saya pelajari atau mencoba pahami.

Seperti yang saya tulis di New Home ,selain suka mencurahkan lewat tulisan (terus ke blog) saya juga suka mendesain tampilan blog itu sendiri.

Ternyata,selama ini ada beberapa hal yang tidak atau terlewatkan dan baru akhir-akhir ini saya pelajari atau mencoba pahami. Dari dulu sebenarnya saya cuma pernah mendengar istilah-istilah ini tetapi tidak pernah tertarik untuk mencari atau hal tersebut.


Pertanyaan

Istilah-istilah itu adalah Frondend Developer,Backend Developer,User Interface,User Experience. Saya mulai tertarik atau penasaran sejak teman bertanya:

“Jadi tertarik kemana ? FED atau BED ?”

Karena pada saat itu belum tau apa itu FED atau BED jadi saya belum bisa menjawabnya


Survei

Berdasarkan selama ini saya di dunia web,sepertinya saya lebih ke FED & UI. Karena saya lebih suka ke arah desain dan kemampuan coding saya juga cuma sebatas HTML dan CSSbisa baca di tulisan New home

New Home
New Home
Rumah baru setelah sekian lama vakum.

FED atau Front End Developer adalah profesional di bidang pengembangan website yang berfokus pada aspek-aspek visual (UI/User Interface) untuk membangun tampilan web yang menarik. Mereka menggabungkan desain, susunan data, konten, dan berbagai macam fungsi demi menghasilkan tampilan yang mudah dibaca oleh pengguna.

Memang saya lebih cenderung untuk mengutak-atik tampilan atau menambahkan sebuah komponen tertentu.

Seperti yang ada pada blog ini (dir-diare),saya tidak membuatnya dari nol seperti membuat codingannya dari kosong. Tetapi saya menggunakan Starterkit Template yang disediakan oleh Vercel.

Perbedaan

Vercel Template

Vercel Template

dir-diare - 09/06/24

Awas pecah!

Saya menambahkan beberapa komponen karena menurut saya ini lucu kalau ada dan menghias sedikit,selain itu mungkin bisa membantu para pengunjung.


Jawaban

Mungkin kalau ada yang mempertanyakan lagi “saya itu lebih ke FED atau BED” , saya akan menjawab FED.

Tetapi saya juga cukup penasaran dengan dunia yang disebut “Backend” ini.Karena itu sekarang saya mencoba membaca dan mempelajari hal tersebut.Wish me Luck🫰


Do you feel like supporting my work? 🙂Buymeacoffee button